Tips Etika Ngobrol di Kantor

Ada etika tersendiri untuk berbicara dana ngobrol di kantor, apalagi penataan ruang kerja biasanya memang disesuaikan dengan budaya kerja pada suatu perusahaan. Ada yang sengaja dipisahkan dalam ruangan-ruangan tersendiri, ada yang disekat dengan kubikel, namun ada juga yang tersusun atas meja-meja belajar seakan tak menyisakan ruang privasi. Yuk, pahami etika-nya supaya kenyamanan kerja tak terganggu. Berikut ini Tips Etika Ngobrol di Kantor:

1. Hampiri Teman.
Jika Anda butuh, hampiri dia kemudian baru ajak bicara. Bila dari jauh Anda sudha teriak, teman yang lain pasti akan terganggu, bukan?

2. Stop Nada Tinggi.
Berbeda dengan berbicara tegas. Berbicara dengan keras menimbulkan kesan kasar, tidak sopan dan dapat mengganggu konsentrasi rekan kerja yang Anda.

3. Membicarakan kejelekan orang lain/Teman Kerja.
Menggosip hal-hal yang tidak penting, seperti bicara tentang pegawai lain, sangatlah tidak sopan. Jika dia pernah membicarakan rekan kerja lain di depan Anda, bukan berarti dia tidak pernah membicarakan Anda juga kan?

4. Jangan Memotong Pembicaraan Orang Lain.
Selain tidak sopan, Anda juga akan rugi karena tidak mendapatkan informasi lengkap yang disampaikan rekan Anda, lho.

5. Tolak Baik-baik Teman Kerja Anda yang Senang Mengobrol.
Ada yang langganan datang ke meja Anda? Beritahu teman kantor bahwa Anda sedang “dikejar” deadline dan ajak dia mengobrol lain waktu, seperti saat jam makan siang tiba.

No comments:

Post a Comment