Tips Sukses Wawancara Kerja Via Telepon

Umumnya, wawancara kerja dilakukan secra face-to-face oleh perusahaan, tapi ada kalanya prosedur wawancara dilakukan via telepon. Biasanya, wawancara kerja seperti ini dilakukan bia perusahaan berada di luar kota atau luar negeri untuk menghemat waktu dan biaya. Mekanisme ini bertujuan sebagai proses penyaringan awal para kandidat karyawan, sebelum mengundang mereka untuk bertatap muka. Meskipun wawancara hanya dilakukan via telepon, tak berarti proses wawancara initak penting. Kesan tentang diri Anda, justru akan terlihat dari bagaimana Anda berbicara dan bagaimana Anda menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh interviewer. Karena itu, simak Tips sukses wawancara kerja via telepon berikut ini:

1. Siap Sedia.
Biasanya interview kerja via telpon ini bisa dilakukan dengan perjanjian sebelumnya atau tanpa perjanjian, yang berarti pihak perusahaan bisa menghubungi Anda kapan saja untuk melakukan wawancara. Karena itu, saat mengajukan lamaran, ada baiknya Anda mulai mempersiapkan diri dengan mecari tahu segala hal yang berkaitan dengan perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mengunjungi website perusahaan terkait. Jangan lupa juga, siapkan jawaban yang menjelaskan mengapa Anda adalah kandidat terbaik untuk menempati posisi tersebut. Bila wawancara dilakukan tak terduga, cobalah minta perusahaan atau pewawancara untk menghubungi kembali dalam waktu 5-10 menit. Katakan bahwa Anda perlu mencari tempat yang lebih tenang dan mempersiapkan alat tulis untuk mencatat beberapa hal penting. Yang tak kalah penting, periksa kekuatan sinyal jaringan ponsel Anda, jagan sampai wawancara terputus, hanya karena sinyal yang buruk. Agar lebih aman, minta pewawancara untuk menghubungi Anda ke pesawat telepon (jika ada). Dengan wawancara via telpon ini, Anda bisa mempunyai keuntungan untuk mengintip jawaban dari buku panduan atau catatan yang sudah Anda persiapkan .

2. Cari Posisi Aman.
Menghadapi wawancara via telepon bukan berarti bisa duduk santai sesuka hati, karena Anda tidak bertatap muka langsung dengan pewawancara. Wawancara via telepon juga membutuhkan posisi duduk yang baik. Karena, posisi tubuh Anda akan berpengaruh pada intonasi suara Anda. Pilihlah posisi yang paling nyaman bagi Anda, entah itu dengan duduk tegak atau berdiri. Usahakan keadaan di sekeliling Anda dalam suasana tenang dan tak banyak orang. Selain itu, hindari melakukan kegiatan lain selama proses interview, seperti membaca e-mail, komentar di facebook, mendengarkan radio atau menghentikan pembicaraan sejanak untuk berbicara dengan orang lain. Pantang juga dilakukan saat wawancara adalah mengunyah makanan, meski itu hanya permen karet. Selain konsentrasi akan terbagi, sikap seperti itu juga akan menimbulkan kesan tak serius di mata pewawancara. Layaknya wawancara tatap muka, dalam wawancara via telepon, sikap Anda akan dinilai.

No comments:

Post a Comment