Tips Mengenal Jenis Iklan Lowongan Kerja

Ada beberapa jenis lowongan kerja yang seringkali Anda jumpai di berbagai iklan media. Hal ini akan menentukan strategi apa yang mesti anda persiapkan untuk menghadapinya. Berikut ini tips mengenal jenis iklan lowongan kerja:

1.Jenis Surat Lamaran.
Jenis ini termasuk jenis konvensional dan paling banyak digunakan dalam proses perekritan pegawai baru. Tipsnya : Anda cukup memperhatikan syarat yang diminta, kepada siapa surat lamaran ditujukan (HRD atau Direktur), batas akhir pengiriman dan kemasan surat lamaran yang menarik sehingga Perusahaan tertarik untuk memanggil Anda

2.Jenis Walk-In Interview.
Jenis ini biasanya dipergunkan untuk perekrutan pegawai dalam bidang marketing/front-liners dan biasanya dilakukan di board room hotel berbintang atau job-fair.
Tipsnya : Anda perlu mempersiapkan diri selayaknnya mengahadapi tahap wawancara (pakaian rapi-formal, rambut tertata baik, wangi, tidak berlebihan) serta membawa berkas-berkas pendukung seperti surat lamaran, CV dan ijazah. Biasanya anda akan ditanyai tentang gaji yang diminta dan apabila diterima, besok anda sudah harus mulai bekerja.

3.Jenis Phone Interview.
Lowongan jenis ini digunakan perusahaan yang memang membutuhkan pegawai dalam waktu singkat. Anda cukup menghubungi nomor telepon yang tercantum pada iklan lowonan dan Anda akan diwawancara. Apabila sesuai anda akan dipanggil menjalani tahap selanjutnya.
Tipsnya : siapkanlah jawaban-jawaban pertanyaan secara singkat dan jelas. Berlatihlah memperkenalkan diri anda secara runtut namun singkat. Selalu gunakan bahasa-bahasa baku karena hal ini akan mencerminkan kesiapan anda memasuki dunia kerja.

No comments:

Post a Comment