Tips Sukses Lewati Masa Transisi Ke Dunia Kerja

Selamat, akhirnya Anda dinyatakan lulus sidang skripsi dan resmi sebagai sarjana. Langkah selajutnya adalah, mempersiapkan diri memasuki dunia kerja . Agar tahapan ini berjalan mulus, berikut panduannya:

1. Minggu ke-2 ,Bulan ke-1.
Setelah lulus siding dan menanti hari wisuda, biasanya aka nada beberapaa hal yang perlu Anda urus. Di antaranya, meng-copy skripsi dalam jumlah yang ditentukan untuk menjadi dokumentasi kampus, membayar uang wisuda, ataupun mengurus transkrip nilai, biasanya kampus hanya akan memberikan 1 transkrip nilai asli dan beberapa lembar legalisir. Bila legalisir transkrip dirasa kurang, Anda boleh saja memperbanyak fotokopi transkrip nilai, kemudian minta pihak kampus untuk melegalisirnya. Percayalah, Anda akan sangat membutuhkannya saat melamar kerja. Bila erlu, minta pada kampus untuk memberikan transkrip bersi bahasa inggris, ini akan membantu Anda melamar ke perusahaan multinasional ataupun melamar kerja di luar negeri.

2. Bulan Ke-2.
Proses pembuatan skripsi atau tugas akhir dan persiapan menghadapi siding skripsi tentu menguras pikiran dan tenaga Anda. Untuk menyegarkan kembali pikiran, cobalah untuk menyempatkan waktu berlibur bersama teman-teman. Hitung-hitung merayakan kelulusan. Sebagian orang, bahkan sengaja meluangkan waktu sebulan untuk bersantai dan bersenang-senang bersama teman-teman, sebelum memasuki dunia kerja. Alasannya, karena setelah bekerja, ritme hidup akan berubh. Kebersamaan Anda dengan teman-teman kemungkinan besar akan terbatas. Maka dari itu, manfaatkan waktu yang tersedia sebaik mungkin.

3. Bulan Ke-3.
Berikutnya, segera kembalikan fasilitas kampus yang masih Anda pinjam, seperti buku dari perpustakanaan atau toga yang dipinjamkan oleh kampus. Jangan sampai Anda tak bisa mendapatkan ijazah dan transkrip nilai hanya karena ada buku perpustakaan yang belum Anda kembalikan. Bila buku yang dipinjam hilang, ada baiknya segera melaporkan ke pihka perpustakaan untuk mendiskusikan jalan keluarnya. Yang penting tunjukkan tanggung jawab Anda.

4. Bulan ke-4.
It’s time to find your dream job! Anda tentu tak sabar lagi untuk segera mendapat pekerjaan. Inilah saatnya Anda menyusun curriculum vitae dan surat lamaran kerja. Ada baiknya, untuk mengawali tahap ini, Anda menentukan lebih dulu pekerjaan apa yang diinginkan dan perusahaan mana yang Anda incar. Dengan begitu Anda akan lebih focus mencari informasi kerja sesuai keinginan. Biasanya Anda butuh waktu untuk mendapatkan ijazah sarjana dari universitas. Karena itu, sambil menunggu keluarnya ijazah, Anda bisa minta surat keterangan lulus dari universitas. Surat keterangan lulus ini bisa menjadi modal Anda untuk melamar pekerjaan.

5. Bulan ke-5.
Banyak panggilan interview kerja, tapi belum ada satu pun yag sesuai dengan keinginan Anda? Tenang, tidak perlu berkecil hati, bila pekerjaan impian belum juga ada. Tak ada salahnya Anda mencoba bidang lain. Bukannya melupakan pekerjaan impian, setidaknya kesempatan ini akan membantu Anda mendapatkan pengalaman kerja. Pengalaman kerja yang banyak akan menambah poin Anda di mata perusahaan yang dilamar. Selain itu, sambil bekerja, Anda tetap bisa hunting pekerjaan impian, apalagi bila Anda sudah berhasil menjalin networking. Siapa tahu ada teman atau klien yang justru bisa merekomendasikan Anda.

No comments:

Post a Comment