Tips Membaca Tanda-Tanda Hasil Wawancara Kerja

Tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui wawancara kerja Anda berhasil atau gagal. Anda bisa menilai beberapa detik setelah wawancara berlangsung dengan membaca tanda-tandanya:


A. Tanda Baik (Wawancara Berhasil)1. Pewawancara aktif bertanya pada Anda. Ini menunujukkan dia sangat antusias dan tertarik pada Anda dan ingin tahu lebih banyak tentang Anda.

2. Proses wawancara berlangsung lama, lebih dari 30 menit. Kalau lebih dari 1 jam ? Itu namanya ngobrol : )

3. Suasana wawancara sangat cair. Pewawancara terlihat rileks. Pertanyaan tak melulu soal pekerjaan, tapi juga hobi dan sebagainya. Ini menunjukkan ada chemistry yang terbangun antara Anda dan si pewawancara.

4. Si Pewawancara langsung menanakan kesiapan Anda untuk bergabung bersama mereka.

B. Tanda Buruk (Wawancara Gagal)1. Wawancara berlangsung hanya beberapa menit. Ini menunjukkan Anda bukanlah orang yang mereka cari.

2. Bahasa tubuh si pewawancara menunjukkan sikap tak bersemangat, penuh keraguan, yang diperlihatkan dengan gerakan-gerakan, menggaruk hidup, matanya tidak menatap Anda, sering menghela nafas dan sebagainya.

3. Biasanya kalau ditanya kapan bisa mengetahui hasilnya, jawabanya pasti akan berbelit dan tidak pasti, misalnya, “mungkin sekitar 2 minggu lagi kami akan menghubungi Anda.” (2 minggu = waktu yang tidak pasti)

1 comment:

  1. Artikel yg menambah wawasan baru bagi pencari kerja, salam kenal dan terima kasih informasinya
    mungkin sebagai referensi lain yang semoga berguna saya menulis "5 Tanda Interview Kerja Gagal " silahkan kunjungi http://carahrd.blogspot.co.id/2015/09/5-tanda-interview-kerja-gagal.html

    ReplyDelete